=== ** SELAMAT DATANG DI KORKOT KARANGANYAR ** =====

29 July 2011

“ LUAR BIASA, PERLU KE SINGAPURA… “


“Melihat Rencana Penataan Lingkungan Permukiman yang tadi ditayangkan. Rasanya seperti melihat keadaan di Singapura, demikian komentar Sumanto S.H., Ketua DPRD Kab. Karanganyar ketika mengawali sambutannya dalam acara Sosialisasi Dokumen Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman (RTPLP) Desa Suruh, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Kamis, 14 Juli 2011 di Bale Desa Suruh. “Tolong gambar yang tadi ditayangkan lagi, pinta Ketua Dewan. Panitia, terutama yang bertugas sebagai Asrot (Asisten Sorot) bergegas menghidupkan kembali laptop dan proyektor.

Setelah tayangan rencana penataan kawasan prioritas Desa Suruh ditayangkan, Ketua Dewan pun melanjutkan komentarnya. Dalam tayangan tersebut ditampilkan kondisi saat ini (excisting) dan visualisasi setelah kawasan tersebut ditata. “Coba perhatikan lagi. Kalau keadaan seperti ini bisa diwujudkan, kita perlu pergi ke Singapura untuk studi banding tentang rencana penataan lingkungan permukiman yang baik, tambahnya lagi.

“Kegiatan Pemda saja belum tentu bisa membuat perencanaan sebagus ini. Padahal rencana ini disusun oleh masyarakat sendiri. Ini luar biasa”, tambahnya bersemangat. Lebih lanjut Ketua Dewan mengingatkan agar perencanaan yang sangat bagus itu bisa dilaksanakan dengan baik. Untuk itu, masyarakat diharapkan mendukung terwujudnya rencana tersebut. Diingatkan agar perencanaan yang sudah baik itu tidak hanya sekadar rencana.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar akan mendukung rencana masyarakat Desa Suruh. Salah satu bentuk dukungan adalah telah dialokasikannya dana APBD sebesar Rp 350 juta untuk pengaspalan jalan untuk mendukung pembangunan kawasan prioritas Desa Suruh, tambah Ketua Dewan.

Sebelum sambutan Ketua Dewan, Camat Tasikmadu, Kurniadi Mulato S.Sos., juga memberi sambutan. Dalam sambutannya, Camat Tasikmadu berharap agar semua elemen masyarakat bekerjasama untuk mendukung terwujudnya mimpi masyarakat Desa Suruh. Semua stake-holders (para pelaku) Desa Suruh, terutama Pemerintah Desa, LPMD, BPD dan masyarakat harus bahu-membahu mensukseskan program ini.

Dalam acara sosialisasi tersebut juga dilakukan doa bersama yang menampilkan tokoh agama yang ada, yakni Islam, Kristen dan Katolik. Puncak acara sosialiasi malam itu diisi sambutan Wakil Bupati Karanganyar, Paryono S.H., M.H. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menghargai kerja keras dan kerukunan masyarakat untuk melakukan kegiatan dalam rangka pelaksanaan kegiatan PLPBK. “Doa bersama yang menampilkan pimpinan agama-agama yang ada di Desa Suruh tadi mencerminkan kerukunan antar umat beragama yang patut menjadi teladan,” Wakil Bupati memulai sambutannya.

“Saya salut, ternyata masyarakat mampu membuat perencanaan yang demikian bagus. Kalau rencana ini terwujud, Desa Suruh akan menjadi desa yang indah dan hijau, saya yakin akan banyak rombongan datang melakukan studi banding ke Desa Suruh”, puji Wakil Bupati. Lebih lanjut Wakil Bupati mengingatkan agar perencanaan tersebut betul-betul disesuaikan dengan dengan kondisi wilayah sehingga tidak bertentangan dengan berbagai kepentingan masyarakat.

“Sebagai bentuk dukungan saya terhadap rencana yang bagus ini, saya secara pribadi akan membantu”, tambah Wakil Bupati sambil mengeluarkan amplop dari kantongnya. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati memberikan memberikan bantuan untuk mendukung terwujudnya rencana penataan di kawasan prioritas sebesar Rp 10 juta.

Acara sosialisasi malam itu dimeriahkan oleh sebuah grup band Koes Plus Maniac, Tasmania Band yang membawakan lagu-lagu Koes Plus yang legendaris. Pada kesempatan tersebut tamu yang hadir juga diberi kesempatan menyumbangkan suara emasnya. Ketua Dewan dan Wakil Bupati pun tampil menyumbangkan lagu nostalgia. Dalam acara tersebut juga dibagikan doorprize yang berasal dari panitia maupun donatur baik lembaga maupun perorangan. Selain hadiah hiburan, doorprize yang dibagikan antara lain berupa kompor gas, sepeda dan kulkas. (*)

Di Tulis Oleh : Bp. Nanang Priyana ( Korkot Karanganyar )

Keterangan Lebih Lanjut dapat Menghubungi :



Nama Ketua TIPP

: Suyatmo

Alamat Sekretariat

: ---

Telepon / HP.

: ---



Nama BKM

: Dana Mulia

Desa / Kec. / Kab.

: Desa Suruh, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar

Nama Koordinator BKM

: Suyatmo

Alamat Sekretariat

: Balai Desa Suruh, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar

Telepon / HP.

: 081915396607

No comments:

Post a Comment