=== ** SELAMAT DATANG DI KORKOT KARANGANYAR ** =====

19 January 2010

Perkembangan PNPM Mandiri Perkotaan

Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) yang secara nasional sudah bergulir sejak tahun 1999 sampai dengan sekarang diharapkan dapat berlangsung secara terus menerus atau berkelanjutan, pemberdayaan yang sinergis bagi penanggulangan kemiskinan sehingga diharapkan masyarakat dapat menyelesaikan sendiri masalah kemiskinan yang ada di wilayahnya, seiring dengan perjalanannya banyak masukan dan kritikan yang berharga bagi keberlanjutan program ini.
Pemerintah sendiri dengan serius ingin memberdayakan masyarakat miskin, dengan tujuan menurunkan angka kemiskinan di Indonesia dengan salah satunya mengacu pada target MDGs dan HDI, sehingga dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut Pemerintah berusaha mensinergikan semua program penanggulangan kemiskinan dengan nama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dengan menggunakan metodologi P2KP untuk Perkotaan dan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) di Perdesaan. Dengan demikian tujuan memberdayakan masyarakat miskin menjadi berdaya, mandiri, dan madani dapat terlaksana dengan baik.
P2KP di Kabupaten Karanganyar sendiri telah berlangsung mulai tahun 2004 hingga sekarang. Tahapan yang berjalan adalah P2KP 2 tahap 2 hingga bulan September 2006, bulan Oktober 2006 dimulai P2KP Ektensi (Perpanjangan) hingga bulan Maret 2007. Mulai dari awal April 2007 P2KP di Kabupaten Karanganyar berubah nama menjadi PNPM Mandiri – P2KP daerah dampingan dibedakan menjadi lokasi lama dan lokasi baru 2007, Wilayah dampingannya bertambah dari 19 Desa/Kelurahan menjadi 51 Desa/Kelurahan dampingan, 19 Desa/Kelurahan di P2KP 2 tahap 2 menjadi lokasi lama dan 32 Desa/Kelurahan tambahan dampingan menjadi lokasi baru 2007. Di awal September 2008 PNPM Mandiri - P2KP berubah nama menjadi PNPM Mandiri Perkotaan, 51 Desa/Kelurahan di PNPM Mandiri Perkotaan.

No comments:

Post a Comment